Natassya, Hellen Dita (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE OPEN ENDED DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI SPLTV. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hellen Dita Natassya 19310030.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam
menyelesaikan soal tipe open ended ditinjau dari motivasi belajar pada materi
SPLTV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Institut Indonesia Semarang yang
dipilih berdasarkan hasil uji kuesioner dan hasil uji coba imstrumen soal tes. Subjek
penelitian ini dipilih berdasarkan kuesioner motivasi belajar dari 24 iswa kelas XI
IPA 1, dipilih 3 siswa yang terdiri dari satu subjek dengan motivasi belajar tinggi,
satu subjek dengn motivasi belajar sedang, dan satu subjek dengan motivasi belajar
rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner motivasi
belajar, tes tertulis, dokumentasi. Pada teknik penelitian dilakukan analisis yaitu
mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) siswa dengan motivasi belajar tinggi mampu memenuhi semua indikator
berpikir kritis yaitu interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, dan
self – regulation, 2) siswa dengan motivasi belajar sedang hanya mampu memenuhi
4 indikator berpikir kritis yaitu analysis, evaluation, inference, dan self –
regulation, 3) siswa dengan motivasi belajar rendah hanya mampu memenuhi
indikator berpikir kritis analysis dan evaluation.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Open Ended, Motivasi Belajar,
SPLTV
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:29 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2245 |