ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU SAAT WFH (WORK FROME HOME) DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada SMP Negeri di Wilayah Selatan Kecamatan Pemalang)

Amalia, Muflikha Dwi (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA GURU SAAT WFH (WORK FROME HOME) DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada SMP Negeri di Wilayah Selatan Kecamatan Pemalang). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUFLIKHA DWI AMALIA  17810100.pdf] Text
MUFLIKHA DWI AMALIA 17810100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19, Kemendikbud berharap KBM tetap berjalan dengan
model daring agar siswa tetap bisa belajar. Belajar daring dilakukan melalui
kebijakan home learning dan distance learning. Melalui pendidikan jarak jauh, guru
in-service juga mengadopsi model Work-From-Home (WFH). Namun, salah satu
kelemahan WFH adalah guru tidak bisa fokus langsung pada siswa. Dalam hal model
WFH tentu akan berdampak pada pola kinerja guru di masa pandemic. Fokus
penelitian ini adalah kinerja guru di SMP Negeri di Wilayah Selatan Kecamatan
Pemalang selama Work From Home pada pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis tentang pengaruh kemampuan teknologi informasi guru,
motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru selama
pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19. Metode pengambilan sampel
dengan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling), yaitu bila setiap
unit dalam populasi diberi peluang sama untuk terpilih. Jumlah sampel yang diambil
dalam penelitian ini adalah 88 responden dari jumlah populasi 113, Teknik
Pengolahan data dengan system analisis regresi dengan bantuan software SPSS
(Statistical Package for the Social Sciences). Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa kemampuan IT guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru
di SMP Negeri di Pemalang, ada pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru,
makin baik motivasi kerja guru maka akan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja guru, dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap
kinerja guru. Saran penelitian ini adalah penggunaan teknologi informasi oleh guru
di sekolah harus lebih ditingkatkan lagi karena masih ada beberapa guru yang kurang
bisa menguasai teknologi informasi ini untuk menunjang pembelajaran, selain itu
sekolah juga perlu menyediakan fasilitas diantaranya infokus/proyektor serta
jaringan internet yang memadai sehingga seluruh tenaga pendidik dan kependidikan
lebih mudah mengakses internet sebagai media untuk kelancaran pembelajaran saat
pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci : Kemampuan Teknologi Informasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah,
Motivasi Kerja, Kinerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:22
Last Modified: 29 Jan 2024 06:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item
View Item