PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA PELANGGAN GOJEK DI KOTA SEMARANG)

ANDIKA, PANDEGA RICKY (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA PELANGGAN GOJEK DI KOTA SEMARANG). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PANDEGA RICKY ANDIKA 18810039.pdf] Text
PANDEGA RICKY ANDIKA 18810039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan sengit tersebut dipengaruhi oleh maraknya layanan ojek online. Hal ini
disebabkan oleh persaingan harga dan banyaknya pilihan layanan ojek internet.
Hal ini menyebabkan konsumen menjadi pemilih. Pelanggan akan memilih opsi
alternatif yang kepemimpinannya mencerminkan preferensi mereka. Layanan ojek
online, khususnya GOJEK, harus mampu membangkitkan kepuasan klien untuk
mempersiapkan skenario ini. Penelitian ini menggunakan penelitian survei sebagai
metodologinya. Informasi dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner
dalam penelitian survei. Dalam penelitian ini, jumlah pertanyaan dalam kuesioner
penelitian sebanyak 42, sehingga jumlah sampel 5 kali jumlah pertanyaan atau
sebanyak 5 x 42 210, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 210
orang. Namun berdasarkan perhitungan jumlah sampel tersebut melebihi dari
batas maksimal sampel yang disyaratkan oleh Hair (1995), sehingga dalam
penelitian menggunakan sampel sebanyak 200 orang.Pengujian validitas
instrumen pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS 3.0 for windows.
Pengukuran validitas instrument diuji berdasarkan pada output Outer Loading dan
nilai Average Variance Extracted (AVE).Berdasarkan penelitian yang dilakukan,
hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor yang
tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat
dari nilai P-Value (0,128), persepsi harga merupakan faktor yang tidak
mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari
nilai P-Value (0,051),citra merek merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,000)1.
Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. H 2.
Terdapat pengaruh yang tidak signifikan persepsi harga terhadap kepuasan
pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. . 3.
Terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap kepuasan pelanggan
pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang.
Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Persepsi Harga, Citra Merek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:35
Last Modified: 29 Jan 2024 04:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item
View Item