PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII

Masruroh, Nur Aulia (2022) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Nur Aulia Masruroh 18310106.pdf] Text
Nur Aulia Masruroh 18310106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar siswa kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan
gaya belajar auditori, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik yang diambil dari 35
siswa kelas VIII tahun pelajaran 2022/2023 secara purposive sampling.
Pengumpulan data yang dilaksanakan adalah metode angket gaya belajar, tes tertulis
dan wawancara. Teknik analis data dilaksanakan dengan 3 tahap yaitu reduksi data,
display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi
metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) profil kemampuan pemecahan
masalah dengan subjek gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita hanya
memunculkan 3 tahapan yaitu memahami masalah walaupun kurang lengkap,
melaksanakan rencana penyelesaian secara sistematis sesuai rumus pola bilangan, dan
memeriksa kembali dengan benar(2) profil kemampuan pemecahan masalah dengan
subjek gaya belajar auditori dalam menyelesaikan soal cerita hanya memunculkan 2
tahapan yaitu merencanakan solusi secara manual dan memeriksa kembali walaupun
jawaban masih salah(3) profil kemampuan pemecahan masalah dengan subjek gaya
belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita memunculkan 3 tahapan yaitu
memahami masalah secara lengkap, merencanakan solusi masih manual,
melaksanakan rencana penyelesaian dengan benar. Sehingga kesimpulan penelitian
ini kemampuan pemecahan masalah paling tinggi yaitu siswa gaya belajar visual
karena sistematis sesuai dengan rumus dan siswa gaya belajar kinestetik namun tidak
memeriksa jawaban dengan teliti.
Kata kunci: Pemecahan Masalah Polya; Soal Cerita; gaya belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:32
Last Modified: 29 Jan 2024 04:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item
View Item