KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Kholilatun, Fiki (2023) KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fiki Kholilatun 19310031.pdf] Text
Fiki Kholilatun 19310031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa SMP
kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang ditinjau dari gaya
belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
ini dilaksanakan dikelas VIII B dan VIII E SMP Miftahul Ulum Boarding School
Jogoloyo Demak yang dipilih berdasarkan hasil tes angket. Subjek penelitian ini
dipilih berdasarkan tes angket gaya belajar dari 60 siswa kelas VIII dipilih 6 siswa
yang terdiri dari 2 subjek dengan gaya belajar visual, 2 subjek dengan gaya belajar
auditori, dan 2 subjek dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan
pada penelitian yaitu tes angket gaya belajar untuk menentukan subjek penelitian,
soal cerita matematika untuk memunculkan kemampuan representasi siswa, dan
pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu
melakukan pengecekan data yang telah diperoleh dari sumber yang sama
menggunakan teknik yang berbeda. Hasil penelitian berdasarkan tes dan
wawancara diperoleh 1) subjek dengan gaya belajar visual memunculkan
indikator representasi visual, dan representasi persamaan atau ekspresi matematis,
namun pada indikator representasi verbal ( kata-kata atau teks tertulis) hanya satu
subjek saja yang dapat memunculkan indikator representasi verbal ( kata-kata
atau teks tertulis). 2) subjek dengan gaya belajar auditori memunculkan indikator
representasi visual, dan representasi persamaan atau ekspresi matematis namun
pada perhitungan hasil akhir masih salah. 3) subjek dengan gaya belajar kinestetik
hanya memunculkan indikator representasi visual.
Kata Kunci : Kemampuan Representasi,Gaya Belajar, Soal Cerita, Peluang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:32
Last Modified: 29 Jan 2024 04:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item
View Item