Khoirurrofik, Fathur (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN MELALUI VARIABEL MEDIASI WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MASUK PONPES (Studi kasus pada Pondok Pesantren Addainuriyah Dua Kecamatan Pedurungan Kota Semarang). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
FATHUR KHOIRURROFIK 18810146.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Semakin berkembangnya zaman, Pendidikan pondok pesantren semakin
memberi kontribusi akan peningkatan kualitas Pendidikan Nasional. Situasi
tersebut terjadi karena disamping biaya Pendidikan formal yang semakin meingkat,
kebutuhan masyarakat akan pengajaran Ilmu agama juga telah mengalami
perkembangan. Oleh sebab itu, melalui Competition Advantage, ciri khas, kualitas
pelayanan, dan bauran pemasaran sebuah Lembaga pendidikan Pondok Pesantren
haruslah memberikan upaya dan strategi agar mempengaruhi sebanyak mungkin
minat calon peserta didik. Oleh hal tersebut, tujuan adanya penelitian ini adalah
untuk mengAnalisis pengarus Kualitas pelayanan dan Bauran pemasaran melalui
variabel Word Of Mouth terhadap minat masuk Ponpes (Studi kasus pada Pondok
Pesantren Addainuriyah Dua Semarang). Responen dalam penelitian ini adalah 167
tahun ajaran 2022. Metode pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan
Teknik random sampling. Teknik Analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM
(Partial Least Square-Structural Equation Model). Pengolahan data penelitian ini
menggunakan alat bantu SmartPls 4.0. Dari hasil yang telah didapat melalui
penelitian ini, menunjukan bahwa Kualitas pelayanan tidak memberikan pengaruh
positif signifikan terhadap Word Of Mouth dengan nilai P-Value sebesar (0,066)
dan nilai Path Coefficient sebesar (0,197). Bauran pemasaran berpengaruh positif
signifikan terhadap Word Of Mouth dengan nilai P-Value sebesar (0,000) dan nilai
Path Coefficient sebesar (0,397). Word Of Mouth memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap Minat Masuk dengan nilai P-Value sebesar (0,009) dan nilai
Path Coefficient sebesar (0,179). Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap Minat Masuk dengan nilai P-Value sebesar (0,002) dan nilai
Path Coefficient sebesar (0,325). Bauran pemasaran memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap Minat Masuk dengan nilai P-Value sebesar (0,000) dan nilai
Path Coefficient sebesar (0,341). Kualitas pelayanan yang di mediasi oleh Word Of
Mouth tidak memiliki pengaruh terhadap Minat Masuk dengan nilai P-Value
sebesar (0,156) dan nilai Path Coefficient sebesar (0,035). Bauran pemasaran yang
di mediasi oleh Word Of Mouth memiliki pengaruh positif signifikan terhadap
Minat Masuk dengan nilai P-Value sebesar (0,071) dan nilai Path Coefficient
sebesar (0,027). Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan pada penelitian ini
menyatakan bahwa Kualitas pelayanan tidak memberikan pengaruh terhadap Word
Of Mouth, Bauran pemasaran berpengaruh positif signifikan tergadap Word Of
Mouth, Word Of Mouth memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Minat
Masuk, Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Minat
Masuk, Bauran pemasaran memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Minat
Masuk, Kualitas pelayanan yang di mediasi oleh Word Of Mouth tidak memiliki
pengaruh terhadap Minat Masuk, Bauran pemasaran yang di mediasi oleh Word Of
Mouth memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Minat Masuk.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bauran Pemasaran, Word Of Mouth, Minat Masuk
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 04:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2189 |