ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

Budiyanti, Meisy Rahma Putri (2023) ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Meisy Rahma Putri Budiyanti 19310071.pdf] Text
Meisy Rahma Putri Budiyanti 19310071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran
matematis siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika ditinjau dari
adversity quotient. Berdasarkan tujuan tersebut, maka penelitian ini termasuk ke
dalam penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VIII-H
SMP Negeri 1 Gemuh yang berjumlah 31 siswa dengan teknik pengambilan data
purposive sampling berdasarkan pertimbangan dari guru pengampu mata pelajaran
matematika di kelas VIII. Subjek yang terpilih dalam penelitian ini terdiri dari dua
subjek dengan tipe adversity quotient quitters (rendah), dua tipe adversity quotient
campers (sedang), dan dua tipe adversity quotient climbers (tinggi). Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu angket Adversity Response Profile (ARP),
tes tertulis, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa dengan tipe
AQ climbers mampu memunculkan lima indikator penalaran matematis, yaitu
mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menentukan pola untuk
membuat generalisiasi, menyusun bukti atau alasan terhadap kebenaran solusi, dan
menarik kesimpulan. 2) siswa dengan tipe AQ campers mampu memunculkan
empat indikator penalaran matematis, yaitu mengajukan dugaan, melakukan
manipulasi matematika, menentukan pola untuk membuat generalisiasi, dan
menarik kesimpulan. 3) siswa dengan tipe AQ quitters hanya mampu memunculkan
dua indikator penalaran, yaitu mengajukan dugaan dan melakukan manipulasi.
Kata kunci: Penalaran Matematis, Soal Literasi Matematika, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:16
Last Modified: 29 Jan 2024 04:16
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item
View Item