DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERKONTEKS MAKANAN TRADISIONAL JAWA TENGAH BERBANTUAN ADOBE ANIMATE

Fakhrezi, Fanny (2023) DESAIN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERKONTEKS MAKANAN TRADISIONAL JAWA TENGAH BERBANTUAN ADOBE ANIMATE. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Fanny Fakhrezi 19310116.pdf] Text
Fanny Fakhrezi 19310116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi yang masih dirasa sulit
dalam pembelajaran matematika. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami
konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Oleh karena itu, perlu
dirancang aktivitas pembelajaran siswa yang menekankan pada pemahaman konsep
dengan menggunakan pendekatan dan media yang tepat. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa memahami
konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar berkonteks makanan
tradisional Jawa Tengah berbantuan media pembelajaran adobe animate di kelas
VIII SMP N 2 Bulakamba. Penelitian ini menggunakan metode design research
yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment,
dan retrospective analysis. Hasil dari penelitian ini merupakan desain lintasan
belajar dari materi bangun ruang sisi datar berkonteks makanan tradisional Jawa
Tengah dengan berbantuan adobe animate. Lintasan belajar ini terdiri dari 5
aktivitas yaitu membuat model kemasan untuk mengidentifikasi dan mengenal
jenis, sifat, dan jaring-jaring bangun ruang sisi datar, menemukan dan menentukan
luas permukaan dan volume kubus dan balok, menemukan dan menentukan luas
permukaan dan volume prisma, menemukan dan menentukan luas permukaan dan
volume limas, menemukan hubungan antara diagonal bidang, diagonal ruang, dan
bidang diagonal, serta menyelesaikan masalah kontekstual. Dari aktivitas yang
dilakukan menunjukkan bahwa lintasan belajar yang dikembangkan dapat
membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam materi bangun ruang sisi datar.
Kata kunci: Media pembelajaran; PMRI; Luas Permukaan dan volume

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:46
Last Modified: 29 Jan 2024 03:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item
View Item