PENGARUH PENGGUNAAN GADGET, KEDISIPLINAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA KELAS XI AKL SMK ISLAM BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Pribadiyah, Fa'iqotul (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET, KEDISIPLINAN, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA KELAS XI AKL SMK ISLAM BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FA'IQOTUL PRIBADIYAH 18220038.pdf] Text
FA'IQOTUL PRIBADIYAH 18220038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Fa’iqotul Pribadiyah “Pengaruh Penggunaan Gadget, Kedisiplinan, dan
Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Pada
Kelas XI AKL SMK Islam Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran
2021/2022”, Pogram Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang dilakukan yaitu prestasi
belajar siswa kelas XI AKL terdapat siswa yang belum mencapai kriteria
ketuntasan minimal (KKM), terdapat siswa yang yang tidak memperhatikan,
siswa terlihat sibuk memainkan handphone, mengobrol dengan temannya,
mencontek hasil pekerjaan temannya, dan siswa tidak langsung menjawab
pertanyaan yang diberikan. Selain itu, terdapat beberapa anak kurang percaya diri
menjawab pertanyaan dari guru dan terlihat kurang percaya diri ketika
mengerjakan tugas.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget,
kedisiplinan, dan efikasi diri secara parsial maupun simultan terhadap prestasi
belajar pada kelas XI AKL SMK Islam Bojong. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif, dengan populasi seluruh kelas XI AKL SMK Islam Bojong sebanyak
37 siswa, karena populasi dibawah 100 maka seluruh populasi akan menjadi
sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner,
kemudian diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitiannya yaitu : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan
penggunaan gadget terhadap prestasi belajar, (2) terdapat pengaruh positif dan
signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar, (3) terdapat pengaruh positif dan
signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar, (4) terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara penggunaan gadget, kedisiplinan, dan efikasi diri secara
bersama-sama terhadap prestasi belajar. Simpulan penelitian ini bahwa
penggunaan gadget, kedisiplinan, dan efikasi diri berpengaruh sebesar 54,2%
terhadap prestasi belajar, sedangkan sisanya sebesar 45,8% dipengaruh variabel
lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Kedisiplinan, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:40
Last Modified: 29 Jan 2024 03:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item
View Item