e-COMIC SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA

Lilyani, Feby Sella Tutut (2023) e-COMIC SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FISIKA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Feby Sella Tutut Lilyani 19340008.pdf] Text
Feby Sella Tutut Lilyani 19340008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang telah ditemukan
oleh peneliti, yaitu kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika.
Berdasarkan hasil observasi serta wawancara tidak terstruktur yang telah
dilakukan diketahui salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika adalah
kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang efektif.
Tujuan daripenelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran fisika. Dengan demikian dibuatlah sebuah media pembelajaran
berupa e-comic atau electronic comic, dimana e-comic ini dapat menjadi alternatif
media belajar fisika yang lebih efektif dan modern. Dalam perancangan e-comic
sendiri menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define
(pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), serta
Desseminate (Penyebaran). Rancangan untuk e-comic dibuat menggunakan
aplikasi clip studio paint dan photoshop. Tampilan gambar yang menarik serta
dialog percakapan yang ditambahi dengan materi fisika serta contoh soalnya.
Dengan adanya e-comic ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:35
Last Modified: 29 Jan 2024 03:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item
View Item