ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SPLDV

Asih, Erviani Agustyaning (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SPLDV. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Erviani Agustyaning Asih 18310067.pdf] Text
Erviani Agustyaning Asih 18310067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

SPLDV merupakan salah satu materi yang sesuai dengan aspek kemampuan
berpikir reflektif dimana siswa dituntut untuk dapat memecahkan masalah sesuai
dengan pemahaman dan konsep berpikir reflektif. Sehingga kemampuan berpikir
reflektif siswa menjadi satu hal penting dalam memecahkan soal SPLDV.
Sedangkan, kemampuan berpikir reflektif dapat diasah dengan menyelesaikan soal
berbasis PISA dengan memperhatikan langkah – langkah penyelesaian. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif siswa dalam
memecahkan soal matematika berbasis PISA materi SPLDV untuk siswa dengan
kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Semarang yang
terdiri dari 3 siswa, 1 siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, 1 siswa
dengan kemampuan berpikir kritis sedang, dan 1 siswa dengan kemampuan berpikir
kritis rendah. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis
pada materi SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini
yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi
dapat memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir reflektif. Siswa dengan
kemampuan berpikir kritis sedang dapat memenuhi 3 indikator kemampuan
berpikir reflektif. Sedangkan, siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah
memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir reflektif.
Kata kunci: Berpikir reflektif, SPLDV, PISA, Berpikir kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:17
Last Modified: 29 Jan 2024 03:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item
View Item