IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

Kawuryan, Enggar Ratih (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ENGGAR RATIH KAWURYAN 19220037.pdf] Text
ENGGAR RATIH KAWURYAN 19220037.pdf

Download (2MB)

Abstract

ENGGAR RATIH KAWURYAN “Implementasi Pendidikan Karakter
Terintegrasi Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Randublatung Kabupaten
Blora”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelanggaran yang sering dilakukan
peserta didik yaitu berhubungan dengan nilai karaker kedisiplinan seperti datang
terlambat ke sekolah, minat belajar peserta didik yang masih kurang, dan guru
masih kurang memahami dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi serta kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan
karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1
Randublatung Kabupaten Blora. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen dengan
teknik analisis data analisis interaktif Miles & Huberman.
Berdasarkan penelitian diperoleh simpulan bahwa, perencanaan yang
dilakukan yaitu dengan menyusun RPP berkarakter, pelaksanaan dilakukan
dengan pembiasaan, keteladanan, dan intervensi nilai-nilai karakter yang
diinternalisasi dalam pembelajaran ekonomi, penanaman nilai-nilai karakter
dalam pembelajaran ekonomi dievaluasi dalam aspek afektif melalui lembar
pengamatan sikap dengan indikator jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan
kerja keras, kendala yang dihadapi guru yaitu guru masih merasa kesulitan dalam
memasukkan nilai-nilai karakter sesuai dengan materi pembelajaran, kondisi dan
minat belajar peserta didik yang masih kurang, guru masih kesulitan dalam
menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan materi ekonomi, dan guru
masih kesulitan dalam menilai karakter siswa.
Kata Kunci : Integrasi pembelajaran ekonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:58
Last Modified: 29 Jan 2024 02:58
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item
View Item