Sya’adah, Umi (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Umi Sya’adah 18310133.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT
berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan Quasi Eksperimental Design berbentuk
Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMPN 2 Pegandon tahun ajaran 2022/2023. Melalui teknik cluster
random sampling terpilih sampel yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII
B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji
Normalitas Multavariat, Uji Homogenitas Matriks Kovarian, Uji Hotelling T2 dan
Uji t. Pada analisis awal, yang diambil dari nilai ulangan harian dan lembar angket
minat belajar siswa, menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang
berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Pada analisis data
akhir, yang diambil dari nilai posttest dan angket minat belajar siswa, menunjukan
hasil bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa pada model pembelajaran TGT
berbantuan kartu soal lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan kartu
soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: efektivitas, model pembelajaran TGT, kartu soal, minat belajar,
hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 07:04 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 07:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1897 |