PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Winiasih, Pratiwi (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Pratiwi Winiasih 19310018.pdf] Text
Pratiwi Winiasih 19310018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran
dengan Problem Based Learning yang valid untuk meningkatkan berpikir kritis
siswa pada materi baris dan deret aritmatika. Dengan menggunakan cluster
random sampling yang terdiri dari 23 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas
eksperimen (pembelajaran menggunakan pembelajaran Problem Based Learning)
dan 23 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol (pembelajaran menggunakan
pembelajaran konvensional dengan metode ceramah). Pada uji validitas produk,
penilaian ahli media 88,6% dan ahli materi 91% dalam kategori sangat baik serta
penilaian kelayakan produk sebesar 88,86%. Pada analisis ketuntasan diperoleh
data berpikir kritis menggunakan video pembelajaran dengan Problem Based
Learning berada pada presentase 100% sehingga mencapai KKM. Pada uji N�Gain sebesar efektivitas = 4,51505 dan pada analisis ketuntasan belajar klasikal
melebihi 80% sehingga video pembelajaran efektif digunakan pada pembelajaran
matematika. Media ini juga dikatakan praktis melalui angket siswa yang
menunjukkan bahwa presentase kelayakan media pembelajaran sebesar 86,86%
dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci : Pengembangan; Video pembelajaran; Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:42
Last Modified: 24 Jan 2024 06:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item