Nadziroh, Ulfatun (2023) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ulfatun Nadziroh 16310185.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tipe
kepribadian (Sanguinis, Korelis, Melankolis dan Phlegmatis). Subjek pada
peneltian ini berjumalah 4 orang siswa Kelas IX MTS AL-Mashyud Weleri
yang telah digolongkan berdasarkan tipe kepribadian. Intrumen pada
penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen bantu. Instrumen
Utama pada penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen bantu
menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif, angket tipe kepribadian
Hippocrates-Galenus, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan menggunakan model miles and huberman yaitu reduksi data,
penyajian data dan verification. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa siswa tipe kepribadian sangunis mampu memenuhi 4 indikator berpikir
kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elabotation. Siswa dengan tipe
kepribadian melankolis mampu memenuhi 3 indikator berpikir kreatif yaitu
fluncy, flexibility dan originality. siswa dengan tipe kepribadian Phlegmatis
mampu memenuhi 2 indikator berpikir kreatif yaitu flexibility dan originality,
sedangkan siswa dengan tipe kepribadian korelis hanya mampu memenuhi 1
indikator berpikir kreatif saja yaitu flexibility.
Kata Kunci : berpikir kreatif, tipe kepribadian, tipe kepribadian Florence
Littauer
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 06:21 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 06:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1868 |