DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN KONTEKS MENARA KUDUS BERBANTUAN VIDEO

Nadzifah, Nurun (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN KONTEKS MENARA KUDUS BERBANTUAN VIDEO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NURUN NADZIFAH 19310029.pdf] Text
NURUN NADZIFAH 19310029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bangun ruang sisi datar merupakan salah satu materi pada geometri dan mempunyai kaitan
sangat erat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian besar siswa sering mengalami
kesulitan dalam memahami konsep dan menyelesaikan masalah pada materi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang membantu siswa
dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep luas permukaan dan volume pada
bangun ruang sisi datar menggunakan konteks Menara Kudus berbantuan video di kelas
VIII SMPN 1 Rembang. Lintasan belajar ini terdiri dari 6 aktivitas, yaitu mengamati video
Menara Kudus untuk mengidentifikasi macam-macam, sifat, dan jaring-jaring pada bangun
ruang sisi datar; menentukan luas dan volume pada kubus dan balok; menentukan luas dan
volume pada prisma; menentukan luas dan volume pada limas; menyelesaikan masalah dan
permasalahan kontekstual pada bangun ruang sisi datar serta gabungannya; dan
menentukan hubungan antara diagonal bidang, diagonal ruang, dan bidang diagonal.
Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu
preparing for the experiment, design experiment, dan retrospective analysis. Pembelajaran
ini menggunakan pendekatan PMRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar
yang diperoleh dapat membantu siswa dalam memahami konsep luas permukaan dan
volume pada bangun ruang sisi datar. Menentukan luas permukaan bangun ruang sisi datar
menggunakan bantuan jaring-jaring dengan menjumlahkan setiap luassisinya. Menentukan
volume kubus dan balok dengan susunan kubus satuan, menentukan volume prisma dengan
membandingkan volume balok dengan 2 volume prisma segitiga, dan menentukan volume
limas dengan membandingkan 6 volume limas kongruen diisi pasir kemudian dipindahkan
ke dalam 1 volume kubus.
Kata kunci: Bangun ruang sisi datar, Design research, PMRI, Menara Kudus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:33
Last Modified: 24 Jan 2024 04:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item
View Item