APLIKASI BOOKING SERVICE ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO (FIRST IN FIRST OUT) BERBASIS WEBSITE PADA TRESNO SERVICE BLORA

EFITASARI, TITIK (2023) APLIKASI BOOKING SERVICE ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO (FIRST IN FIRST OUT) BERBASIS WEBSITE PADA TRESNO SERVICE BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TITIK EFITASARI  18670002.pdf] Text
TITIK EFITASARI 18670002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mobil merupakan kendaraan yang belakangan banyak peminatnya. Selain
karena kenyamanannya untuk bepergian, juga karena fasilitas yang diberikan.
Semakin bertambahnya jumlah pengguna mobil semakin banyak pula jumlah
pelanggan yang ingin memperbaiki atau merawat mobilnya ke bengkel. Dalam
pelayanan jasa service mobil yang memakan banyak waktu lama, pelanggan yang
datang terakhir harus menunggu. Sistem antrian juga masih dilakukan secara
manual,sehingga kadang montir lupa siapa pelanggan yang harus dilayani terlebih
dahulu. Hal ini dapat menyebabkan lamanya waktu antrian bagi para pelanggan.
Dalam beberapa kasus antrian,banyak pelanggan memutuskan untuk pindah ke
tempat lain dikarenakan tidak ingin menunggu terlalu lama. Oleh karena itu,
aplikasi booking online ini dibuat dan dirancang sedemikian rupa agar dapat
menjadi solusi untuk permasalahan panjangnya antrian service mobil di bengkel
Tresno Service. Menggunakan algoritma FIFO(First In Fisrt Out) dalam
penerapannya dimana pelanggan yang melakukan pemesanan antrian terlebih
dahulu yang akan di proses. Sistem ini dirancang menggunakan metode waterfall
karena dirasa paling cocok untuk diterapkan pada aplikasi booking service ini.
Langkah-langkah untuk melakukan booking online yakni masuk ke sistem
informasi melalui website ponsel/desktop, kemudian reservasi dengan mengisi data
diri pelanggan serta jenis service yang diinginkan. Sistem informasi ini dibuat
menggunakan aplikasi XAMPP,MySQL,dan PHP MyAdmin. Hasil pengujian
white box berdasarkan complexity cyclomatic 3 dan black box testing memiliki
tingkat keberhasilan dengan presentase 100% dengan tingkat kegagalan 0%, serta
hasil pengujian UAT 92%.
Kata kunci : booking online,service,bengkel,nomor antrian,website.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:08
Last Modified: 24 Jan 2024 04:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item
View Item