ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN

CHATMININGTYAS, NUR AZIZAH (2023) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NUR AZIZAH CHATMININGTYAS 19310135.pdf] Text
NUR AZIZAH CHATMININGTYAS 19310135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan sebagai langkah awal guru
untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa dan komunikasi matematis
berdasarkan tipe kepribadian extrovert dan introvert. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu siswa tipe
kepribadian extrovert dan satu siswa tipe kepribadian introvert. Pemilihan subjek
berdasarkan hasil pengambilan angket tipe kepribadian EPQ-R short scale. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes soal dan
wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik. Berdasarkan analisis diketahui bahwa subjek dengan tipe
kepribadian extrovert pada kemampuan numerasi mampu menggunakan berbagai
macam simbol atau angka yang berkaitan dengan konsep matematika dasar yang
terdapat konteks kehidupan sehari-hari dan mampu menganalisis informasi (tabel,
diagram, grafik, bagan dan lain sebagainya), jika pada kemampuan komunikasi
matematis mampu merepresentasikan ide-ide matematis melalui lisan ataupun
tulisan. Sedangkan subjek dengan tipe kepribadian introvert pada kemampuan
numerasi subjek mampu menggunakan berbagai macam simbol atau angka yang
berkaitan dengan konsep matematika dasar yang terdapat konteks kehidupan sehari�hari, mampu menganalisis informasi (tabel, diagram, grafik, bagan dan lain
sebagainya) dan mampu menafsirkan hasil analisis guna memprediksi dan
menentukan sebuah keputusan, jika pada kemampuan komunikasi matematis
mampu merepresentasikan ide-ide matematis melalui lisan ataupun tulisan, mampu
menginterpretasikan hasil penyelesaian masalah dengan ide-ide matematis melalui
lisan ataupun tulisan, dan mampu menggambarkan hubungan terhadap situasi yang
ada pada konflik melalui representasi matematis yang kemudian ditarik
kesimpulannya.
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Kemampuan Komunikasi Matematis, Tipe
Kepribadian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:56
Last Modified: 24 Jan 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item
View Item