GAMABUL (GAME ANTI CYBERBULLYING) SEBAGAI EDUKASI CYBERBULLYING BERBASIS WEB DENGAN ALGORITMA RULE BASED

HAKIM, SUKMA MAULANA (2023) GAMABUL (GAME ANTI CYBERBULLYING) SEBAGAI EDUKASI CYBERBULLYING BERBASIS WEB DENGAN ALGORITMA RULE BASED. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SUKMA MAULANA HAKIM 18670006.pdf] Text
SUKMA MAULANA HAKIM 18670006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Semakin kompleksnya masalah remaja sekarang, diambil dari sudut
bullying atau kekerasan antara teman dampak nya dapat mengganggu
perkembangan sosio-emosional remaja baik pelaku maupun korban cyberbullying.
Saat ini game menjadi salah satu bagian dalam kehidupan masyarakat modern dari
anak kecil sampai dengan orang dewasa. Berdasarkan kajian di atas maka dengan
banyaknya orang yang memainkan game maka pengembangan game (game
development) mulai mengarah ke dalam industri game edukasi. Penulis
melakukan review jurnal edukasi tentang pembuatan game edukasi yang akan
dimodifikasi menjadi game Gamabul. Gamabul menggunakan Algoritma Rule
Based adalah suatu pemilihan statemen/pernyataan yang akan dieksekusi dimana
pemilihan tersebut didasarkan pada kondisi tertentu. Gamabul menggunakan
pendekatan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan
berorientasi objek dan pengembangan sistem dengan menggunakan metode
Prototype. Pengumpulan data melalui pengamatan atau peninjauan secara
langsung yang berkaitan dengan penelitian atau pengamatan dilakukan di SMP N
2
Gemuh. Hasil pengujian white box berdasarkan Comlexity Cyclomatic
menghasilkan 3 path dan black box testing memiliki tingkat keberhasilan dengan
presentase 100% dan tingkat kegagalan 0% serta UAT sebesar 88,4%.
Kata Kunci: Game, Cyberbullying, Rule based

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:48
Last Modified: 24 Jan 2024 01:48
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item
View Item