PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN LITERASI MATEMATIS

Handriastuti, Sri Wening (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN LITERASI MATEMATIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRI WENING HANDRIASTUTI 17310025.pdf] Text
SRI WENING HANDRIASTUTI 17310025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa untuk
meningkatkan kemampuan penalaran dan literasi matematis. Jenis penelitian
adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah uji normalitas
multivariat, uji homogenitas matriks kovarian, uji hotelling T2, dan uji pasca
hotelling T2. Sebelum di ujicobakan, LKS terlebih dahulu dilakukan uji validasi
oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli mendapatkan hasil yang
baik, dengan persentase penilaian 87,50% dari ahli media dan persentase penilaian
74,33% dari ahli materi. Dengan demikian LKS tersebut layak (valid) untuk
digunakan. Kemudian, siswa yang berada di kelas eksperimen memberikan
tanggapan setelah menggunakan LKS dan mendapatkan hasil 80,11% sehingga
LKS dapat dikatakan praktis. Dari hasil analisis data nilai akhir (posttest) kelas
eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa rata – rata kemampuan
penalaran dan literasi matemtais yang menggunakan LKS lebih baik daripada
kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Kemampuan Penalaran, Literasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:59
Last Modified: 22 Jan 2024 06:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1722

Actions (login required)

View Item
View Item