ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA INTROVERT DAN EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR

Zakaria, Muhammad Hilmi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA INTROVERT DAN EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muhammad Hilmi Zakaria 19310087.pdf] Text
Muhammad Hilmi Zakaria 19310087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi pada siswa
introvert dan ekstrovert dalam menyelesaikan masalah program linear. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil
adalah dua siswa kelas XI MIPA-2 MA Banat Tajul Ulum Brabo dengan rincian satu
siswa introvert dan satu siswa ekstrovert. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan angket, tes tertulis dan wawancara. Pengambilan data penelitian ini melalui
tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
subjek introvert memenuhi semua indikator kemampuan literasi numerasi, yaitu
memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai angka dan simbol yang
berhubungan dengan matematika; menganalisis informasi yang disajikan dalam
berbagai gambaran (grafik, tabel, bagan, diagram dan sebagainya); dan menafsirkan
hasil analisis tersebut untuk membuat prediksi dan keputusan. Sedangkan subjek
ekstrovert tidak memenuhi satu dari tiga indikator kemampuan literasi numerasi,
yaitu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk membuat prediksi dan keputusan.
Kata kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Program Linear, Introvert dan Ekstrovert

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:14
Last Modified: 22 Jan 2024 06:14
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item
View Item