PENGARUH FAKTOR KELUARGA, FAKTOR SEKOLAH, FAKTOR MASYARAKAT, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19

Supriyanto, Muhammad Agus (2023) PENGARUH FAKTOR KELUARGA, FAKTOR SEKOLAH, FAKTOR MASYARAKAT, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muhammad Agus Supriyanto 17310009.pdf] Text
Muhammad Agus Supriyanto 17310009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti fokus pada pengaruh faktor eksternal belajar (faktor
keluarga, faktor masyarakat, faktor sekolah) terhadap motivasi belajar dan hasil
belajar ranah kognitif siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data
primer yang didapat dari pengisian kuesioner dan tes siswa SMKN 1 Kudus
sebanyak 324 responden. Pengisian kuesioner dan tes dilakukan menggunakan
google form, yang terdiri dari 80 kuesioner dan 25 tes. Teknik analisis instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rasch Model dan analisis jalur
dengan menggunakan software Winstep dan IBM SPSS AMOS 24. Hasil dari
penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh antara faktor keluarga dengan hasil
belajar maupun dengan motivasi belajar. Sedangkan untuk faktor masyarakat
terhadap hasil belajar terdapat pengaruh sebesar 82% dan faktor masyarakat
terhadap motivasi belajar terdapat pengaruh sebesar 18%. Pada faktor sekolah
terhadap motivasi tidak terdapat pengaruh, namun faktor sekolah terhadap
motivasi belajar terdapat pengaruh sebesar 76%.
Kata kunci: faktor keluarga, faktor masyarakat, faktor sekolah, motivasi belajar,
hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:38
Last Modified: 22 Jan 2024 04:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item
View Item