PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Anggera, Tera De (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Tera De Anggera 19310142.pdf] Text
Tera De Anggera 19310142.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai
rata-rata dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan
Software Geogebra terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Quasi Experimental Desaign
dengan menggunakan posttest only control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang tahun ajaran
2022/2023 yang berjumlah 2 kelas dan memiliki jumlah responden 56 siswa.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik probability sampling yaitu
simple random sampling, kelas VII B kelas eksperimen dan kelas VII C kelas
konvensional. Data yang diperoleh melalui nilai ulangan tengah semester 1 dan
nilai Posttest kemudian diolah dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-Test,
dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji T-Test
adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software
Geogebra (kelas VII B) memiliki responden 32 siswa dan mean (rata-rata) 81,25.
Nilai dan taraf signifikansi 5% diperoleh .
Berdasarkan nilai t dapat dituliskan (5% = 2,004879) < (3,016),
maka hasil analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa ditolak dan
diterima sehingga “ada perbedaan rata-rata nilai pemahaman konsep siswa pada
kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan Software Geogebra. Uji berikutnya adalah uji regresi linier sederhana
diperoleh bahwa adanya pengaruh kontribusi siswa pada penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Geogebra terhadap
pemahaman konsep siswa dengan melihat dari koefisien determinasinya kelas
eksperimen 44,7% dimana lebih tinggi dari kelas konvensional. Sehingga dapat
dikatakan lebih baik dan berpengaruh.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Software Geogebra,
Pemahaman Konsep Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:38
Last Modified: 22 Jan 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item
View Item