Khumairoh, Siti (2023) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL TIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Siti Khumairoh 19310125.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial tipe HOTS
berdasarkan gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari 24
siswa kelas VII B SMP Kesatrian 1 Semarang diambil 4 orang siswa dengan
masing-masing 2 siswa yang mewakili gaya kognitif field independent dan field
dependent. Data dikumpulkan dengan memberikan tes GEFT, tes masalah
aritmatika sosial tipe HOTS, dan wawancara untuk mendalami pemahaman konsep
dengan indikator: (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengelompokkan
objek-objek berdasarkan terpenuhi atau tidaknya syarat minimum dalam
menentukan konsep, (3) memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, (4)
menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika yang berbeda, (5)
mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam memecahkan masalah. Teknik
analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah
triangulasi sumber yaitu peneliti membandingkan ulang data yang diperoleh dari
sumber yang berbeda hingga didapatkan hasil yang sesuai. Dengan memperhatikan
gaya kognitif yang dimiliki oleh para subjek, dilakukan pengembangan analisis
berdasarkan indikator pemahaman konsep. Hasil dari penelitian ini adalah subjek
dengan gaya kognitif field independent mampu memunculkan kelima indikator
pemahaman konsep. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif field dependent tidak
memunculkan indikator pemahaman konsep sama sekali.
Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, aritmatika sosial tipe HOTS, gaya
kognitif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 03:04 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1606 |