Indahsari, Siti (2023) ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SITI INDAHSARI 19310129.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Motivasi berkaitan erat dengan belajar, karena motivasi merupakan faktor penting
yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Namun beberapa penelitian menunjukkan
bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika tergolong rendah.
Sebagian besar siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal matematika
sehingga siswa cenderung kurang memiliki motivasi saat mempelajarinya. Faktor
yang diduga dapat mempengaruhi motivasi belajar antara lain lingkungan dan
minat belajar. Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh
lingkungan dan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1
Blora. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA N 1 Blora tahun
pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 1146 siswa, sedangkan sampel penelitian
sebanyak 200 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik
purposive sampling. Data penelitian berupa data berskala interval dan dianalisis
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap motivasi belajar dengan besar pengaruh 0,52. Minat belajar juga
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dengan
besar pengaruh 0,46. Selain itu, sebesar 93 persen variasi dari motivasi belajar
dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan minat belajar.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan, Minat Belajar, SEM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 02:58 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 02:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1603 |