Adzly, Fara Shabrina (2023) PENGARUH LOKASI, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMKM WARUNG MAKAN MBAK KUN PANTAI EMPU RANCAK JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Fara Shabrina Adzly 18220015.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Fara Shabrina Adzly “Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan
terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai
Empu Rancak Jepara”, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya persaingan bisnis di era sekarang.
Beberapa faktor yang sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan bisnis
dan memastikan keputusan pelanggan dalam membeli sebuah produk, diantaranya
adalah lokasi, harga, kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh dari lokasi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap
keputusan pembelian di UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai Empu Rancak
Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Pengumpulan data
menggunakan kuisioner yang dibagikan melalui tautan google form kepada 97
orang yang merupakan pelanggan dari UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai
Empu Rancak Jepara. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan dari
UMKM Warung Makan Mbak Kun Pantai Empu Rancak Jepara yang tidak
diketahui jumlahnya sedangkan sampel berjumlah 97 orang dengan penentuan
sampel menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan Uji
Asumsi Klasik dan Uji Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan untuk pengaruh lokasi (X1) terhadap
keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 0.027 < 0.05 dan nilai thitung 2.242 >
ttabel 1.98580, terdapat pengaruh. Artinya lokasi yang bersih, ketersediaan tempat
cuci tangan dan tempat parkir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian pada lokasi. untuk pengaruh harga (X2) terhadap keputusan
pembelian (Y) adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai thitung 3.719 > ttabel
1.98580, terdapat pengaruh. UMKM Warung Makan Mbak Kun memberikan
harga yang terjangkau, hal tersebut didukung dengan penyediaan bahan baku yang
segar, kualitas bahan yang diberikan. Dan makanan minuman dengan porsi yang
cukup banyak. nilai Sig. untuk pengaruh kualitas pelayanan (X3) terhadap
keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai thitung 4.456 >
ttabel 1.98580, terdapat pengaruh. Artinya pemilik usaha UMKM Warung Makan
Mbak Kun memberikan pelayanan yang ramah, serta responsif sehingga terdapat
pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Lokasi, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 08:11 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1592 |