PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK DENGAN PENDEKATAN PJBL STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Aini, Sindi Nur (2023) PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK DENGAN PENDEKATAN PJBL STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SINDI NUR AINI 19310090.pdf] Text
SINDI NUR AINI 19310090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dikuasai
siswa dalam menjawab tantangan global abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan digital book untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa
berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ASSURE yang memuat enam tahapan yaitu Analyze Learner, State
Standars and Objectives, Select Strategis, Technology, Media and Materials ,
Utilize Resources, Require Learner Participation, Evaluate and Revise. Subjek
penelitian ini ialah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 2 Randublatung
Kabupaten Blora. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) digital book
berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika valid untuk digunakan
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis SMP dengan persentase 83,75%
dan berkategori “sangat baik”. (2) digital book berbasis PjBL STEM dengan
pendekatan etnomatematika praktis digunakan dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa SMP dengan persentase 88% dan berkategori “sangat baik”.
(3) digital book berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika efektif
digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena memenuhi
ketiga kriteria efektif yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 83%, rerata
hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol serta meningkatnya
motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa digital book berbasis
PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika valid, praktis serta efektif untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi teorema
Pythagoras.
Kata kunci: Pengembangan, digital book, Berpikir Kritis, PjBL STEM,
Etnomatematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:54
Last Modified: 19 Jan 2024 07:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item
View Item