PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Irmawati HS, Elyza (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Elyza Irmawati HS 19310042.pdf] Text
Elyza Irmawati HS 19310042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan karena suatu
keterampilan yang harus dikuasai. Namun, kenyataanya kemampuan berpikir
kreatif masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Semarang
pada tanggal 25 mei – 20 juni 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Pengembangan e-modul statistika berbasis
realistic mathematic education dilakukan untuk mengetahui kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan media berorientasi pada kemampuan berpikir
kreatif. Teknik analisis data ini adalah teknik analisis statistic deskripstif yang
terdiri dari analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Dari hasil validasi
yang telah dihitung yaitu menunjukan validasi ahli media 93% dan validasi
ahli materi 97,5% dengan kualifikasi sangat baik artinya e-modul layak atau
valid digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil uji coba yang
dilakukan penggunaan e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif dapat dilihat dari ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir
kreatif siswa 75%, dan hasil dari kelas eksperimen lebih baik dari kelas
kontrol selain itu dilihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dari hasil
uji N Gain.
Kata kunci: E-modul, RME, Berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:34
Last Modified: 19 Jan 2024 07:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item
View Item