ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Putri, Shelky Rhafelia (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SHELKY RHAFELIA PUTRI 19310062.pdf] Text
SHELKY RHAFELIA PUTRI 19310062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis
siswa dalam pemecahan masalah open ended ditinjau dari gaya belajar. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di
SMPN 1 Wedarijaksa tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa
kelas VIII E yang selanjutnya dipilih sebagai fokus penelitian yaitu 6 siswa yang
terdiri dari 2 siswa dengan gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar
auditorial dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik yang menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket gaya
belajar, tes kemampuan koneksi matematis dan wawancara. Teknik analisis data
yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Triangulasi yang digunakan yakni triangulasi teknik pengumpulan data dan
triangulasi sumber. Hasil penelitian kemampuan koneksi matematis menurut
indikator NCTM (2018) yakni indikator koneksi matematis antar konsep
matematika, indikator koneksi matematis dengan bidang studi lain dan indikator
koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari menunjukkan: (1) Kemampuan
koneksi matematis siswa dengan gaya belajar visual subjek LSA dan ADF mampu
memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis. (2) Kemampuan koneksi
matematis siswa dengan gaya belajar auditorial subjek EPR dan SPR mampu
memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematis. (3) Kemampuan koneksi
matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik subjek RA dan RI mampu
memenuhi tiga indikator kemampuan koneksi matematis.
Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, pemecahan masalah open ended,
gaya belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:52
Last Modified: 19 Jan 2024 06:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item
View Item