Suriyanto, Apriza Ferdian (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI 1 JAKENAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Apriza Ferdian Suriyanto 19230058.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka
terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri
1 Jakenan karena banyaknya waktu luang untuk siswa melakukan projek yang harus
diselesaikan dalam waktu yang ditentukan, dalam manajemen waktunya kurang
efektif karena mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA
Negeri 1 Jakenan ini hanya 3 jam pelajaran, dalam pembelajaran teori dilakukan
pada saat di luar kelas dengan hanya menjelaskan sekilas pada saat awal
pembelajaran.
Jenis penelitian ini menggunakan metode mixed methods. Penelitian ini
merupakan suatu langkah penelitian dengan mengembangkan dua bentuk penelitian
yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
Menurut Creswell penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang
mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dengan Angket/ kuesioner, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian. Hasil dari wawancara guru dan kepala sekolah
menunjukkan hasil yang baik terhadap implementasi kurikulum merdeka pada mata
pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 1 Jakenan.
Berdasarkan tabel dan diagram hasil penelitian kuesioner kelas XI 2,3,4,5,10,11
mendapatkan data seperti Keterampilan gerak 63,12%. Pengetahuan gerak 63,42%.
Pemanfaatan gerak 76,44%. Pengembangan karakter 80,07%. Pembelajaran
pancasila 90,71%. Artinya dapat dinyatakan bahwa implementasi kurikulum
merdeka pada mata pelajaran PJOK sudah berjalan dengan baik menurut data yang
saya ambil tersebut.
Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai
Penerapan kurikulum merdeka pada seluruh siswa SMA Negeri 1 Jakenan pada
pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, maka dapat disimpulkan
bahwa keterlaksanaan kurikulum merdeka belajar dapat dikatakan baik pada
beberapa aspek pembelajaran seperti aspek keterampilan gerak, aspek pengetahuan
gerak, aspek pemanfaatan dan pengembangan gerak ataupun dari aspek penguatan
profil pancasila.
Saran bagi lembaga SMA Negeri 1 Jakenan melakukan sosisalisasi kembali
kepada orang tua siswa agar senantiasa memperhatikan pendidikan bagi anak, bagi
guru atau tenaga pendidik agar senantiasa memberikan suasana yang nyaman bagi
siswa. Dari hasil keseluruhan juga terlihat minat siswa dalam mengikuti
pembelajaran PJOK di masa kurikulum merdeka sangat tinggi, sehingga pelaksaan
pembelajaran bisa dilaksanakan dengan baik dan terus ditingkat lagi.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Penjas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:28 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/152 |