ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA POLA BILANGAN BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Tyas, Dinda Ari Margahayuning (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA POLA BILANGAN BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dinda Ari Margahayuning Tyas 19310032.pdf] Text
Dinda Ari Margahayuning Tyas 19310032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu hal yang penting dalam
matematika. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan
pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan ditinjau
dari kemampuan penalaran matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Plantungan tahun ajaran
2022/2023. Subjek dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII
dengan tes kemampuan penalaran matematis, kemudian diambil dua siswa dengan
kemampuan penalaran matematis tinggi, dua siswa dengan kemampuan penalaran
matematis sedang, dan dua siswa dengan kemampuan penalaran matematis
rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan
penalaran matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Subjek dengan
kemampuan penalaran matematis tinggi dalam menyelesaikan soal cerita pola
bilangan mampu memenuhi indikator yang ada pada keempat tahapan pemecahan
masalah matematika , yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan
masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali
pemecahan masalah, (2) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis sedang
dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan sudah melaksanakan tahap
memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah, akan tetapi belum
melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil
pemecahan masalah, (3) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis rendah
dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan sudah melaksanakan tahap
memahami masalah, akan tetapi belum melaksanakan tahap merencanakan
pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa
kembali pemecahan masalah, (4) Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
kemampuan pemecahan masalah yaitu pengalaman, kemampuan memahami
masalah, dan kecerdasan logis matematis.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah; Polya; Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:18
Last Modified: 19 Jan 2024 04:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item
View Item