IMPLEMENTASI PENDEKATAN TPACK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JAKENAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Ma’sumah, Dina Khoiril (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TPACK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 JAKENAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dina Khoiril Ma’sumah 19320063.pdf] Text
Dina Khoiril Ma’sumah 19320063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

TPACK merupakan kerangka kerja yang mengidentifikasi pengetahuan dimana
guru perlu mengajar secara efektif dengan kerangka kerja teknologi. Pendekatan
TPACK
bermanfaat
dalam
mengembangkan
kemampuan
guru
dalam
menggunakan teknologi untuk berpikir kritis terhadap pencapaian hasil belajar
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan TPACK
dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi
perubahan lingkungan. Subyek penelitian ini adalah kelas X-7 sebagai kelas
kontrol dan X-12 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 72 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen modul ajar,
soal pretest posttest, unjuk kerja, lembar kerja, lembar observasi dan lembar
angket. Analisis hasil data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil
angket respon siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen
dengan skor rata-rata 3,83 dalam kategori cukup, sedangkan kelas kontrol
mendapat skor rata-rata 3,59 dalam kategori cukup. Hasil observasi keterampilan
berpikir kritis siswa kelas eksperimen memiliki skor rata-rata 4,92 dengan
kategori baik dan hasil observasi keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol
memiliki skor rata-rata 4,67 dengan kategori baik. Analisis akhir hasil belajar
diperoleh perbedaan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan dengan hasil
rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 85,83 sedangkan pada kelas
kontrol nilai posttest sebesar 70,00. Nilai LKPD pada kelas eksperimen 77,66 dan
kelas kontrol 76,50. Nilai unjuk kerja pada kelas eksperimen 87,50 dan kelas
kontrol 79,66. Nilai presentasi kelas eksperimen adalah 91 dan kelas kontrol
adalah 81,77. Pengujian analisis Uji Hipotesis dengan menggunakan uji T
diperoleh thitung (63.375) > ttabel (1,666) = 0,05, HO ditolak, H1 diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penerapan pendekatan TPACK terhadap pengembangan kemampuan berpikir
kritis dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Jakenan pada materi perubahan
lingkungan.
Kata kunci: TPACK, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:10
Last Modified: 19 Jan 2024 04:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item
View Item