PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAHUNAN

Nilautama, Dila (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAHUNAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dila Nilautama 18320049.pdf] Text
Dila Nilautama 18320049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran abad 21 mengacu kepada siswa untuk 4C (Critical Thinking,
Communication, Collaboration, and Creativity) yaitu kecakapan yang
harus dimiliki siswa, seperti kemampuan memecahkan masalah,
kemampuan berpikir kritis, kemampuan bekerja sama dan kemampuan
berkomunikasi. Keterampilan berpikir kritis merupakan sesuatu yang
harus ditanamkan kepada siswa agar siswa mampu mendalami suatu
masalah dan dapat menyelesaikannya dengan efektif dan efisien. Upaya
yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang
melibatkan siswa untuk dapat membangun pengetahuannya dan mampu
memecahkan suatu permasalahan. Salah satu cara dalam mengatasi hal
tersebut yaitu dengan menggunakan pendekatan STEM (Science,
Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM dalam pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa
kelas X SMA Negeri 1 Tahunan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa
kelas X MIPA. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah cluster random sampling. Metode penelitian ini adalah penelitian
True Experimental Design dengan menggunakan metode Pretest And
Posstest Control Group. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data uji t digunakan untuk melihat
perbedaan rata-rata antara dua sampel. Uji t hasil belajar kognitif siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Pretest diperoleh ttabel < thitung
yaitu 1,66 < 6,11. Uji t hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan
kelas kontrol pada Posttest diperoleh ttabel 1,66 < thitung 6,145. Hasil
penelitian antara berpikir kritis dan hasil belajar siswa terdapat perbedaan
signifikan, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan
STEM efektif untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Pendekatan STEM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:04
Last Modified: 19 Jan 2024 04:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item
View Item