ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Putriana, Difa (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Difa Putriana 19310019.pdf] Text
Difa Putriana 19310019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Karangawen dalam menyelesaikan soal
matematika pada materi perpangkatan dan bentuk akar ditinjau dari gaya kognitif.
Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 1 Karangawen tahun pelajaran
2022/2023. Bentuk penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket gaya kognitif yaitu
Matching Familiar Figure Test (MFFT) yang dikembangkan oleh Warli. Data
penelitian diambil menggunakan tes gaya kognitif, tes tertulis, wawancara dan
dokumentasi dari hasil siswa menyelesaikan soal materi perpangkatan dan bentuk
akar. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini adalah triangulasi waktu.
Indikator kesalahan siswa ini berdasarkan tahapan Kastolan yaitu kesalahan
prosedural, kesalahan konseptual, dan kesalahan teknikal. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh diketahui siswa dengan gaya kognitif reflektif
cenderung melakukan kesalahan lebih sedikit dibandingkan dengan siswa impulsif
yang masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika
materi perpangkatan dan bentuk akar yaitu kesalahan prosedural, kesalahan
konseptual dan teknikal. Bentuk kesalahan-kesalahan tersebut diantaranya: tidak
mengerjakan soal sampai selesai, ketidaksesuaian langkah penyelesaian soal
dengan yang seharusnya, tidak menerapkan rumus dengan benar, serta tidak tepat
dalam perhitungan.
Kata Kunci: Kesalahan; Kastolan; Perpangkatan; Bentuk Akar; Gaya Kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:02
Last Modified: 19 Jan 2024 04:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item
View Item