Firdaus, Maulana Zuhdi (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA N 1 COMAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Maulana Zuhdi Firdaus 19110133.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan
Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA di SMA N 1 Comal dilatarbelakangi oleh
siswa yang mendapatkan pola asuh orang tua otoriter dan motivasi belajar, Pola
asuh orang tua otoriter adalah pola asuh yang menekankan segala aturan. Orang
tualah yang memberikan tugas dan menentukan berbagai aturan sehingga anak
lebih patuh dan tunduk atas peraturan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif
dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini sebanyak 216.
Sampel penelitian ini mengambil 5 kelas dari populasi sehingga sampel yang
didapatkan sebanyak 102 orang siswa yang ditentukan oleh teknik Purposive
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua
otoriter dengan motivasi belajar.
Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai sig. (2
tailed) diperoleh 0,010 < 0,05 maka Ha diterima hal ini menunjukan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan
motivasi belajar pada siswa kelas XII SMA N 1 Comal.
Diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r) adalah -0,453 dengan
taraf negatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
ada hubungan secara signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan
motivasi belajar siswa pada kelas XII IPA SMA N 1 Comal.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:27 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1466 |