MUSTOFA, MAULANA YUSRIL (2023) PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MAULANA YUSRIL MUSTOFA 16410180.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa mengenai analisis teks
eksplanasi kurang aktif dan menyenangkan saat proses pembelajaran karena model
pembelajaran kurang bervariatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana penerapan model flipped classroom dan bagaimana hasil penerapan
model flipped classroom.Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk
mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penerapan model flipped classroom
dalam pembelajaran analisis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA
Negeri 1 Bae Kudus tahun ajaran 2022/2023 dan bagaimana hasil penerapan model
flipped classroom dalam pembelajaran analisis teks eksplanasi pada peserta didik
kelas XI SMA Negeri 1 Bae Kudus tahun ajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data berupa tulisan dan
lisan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIMIPA 4 SMA Negeri 1 Bae
Kudusdengan pertimbangan siswa kelas XI MIPA 4 belum mendapatkan materi
yang berkaitan dengan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi
metode, dimana penulis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu suatu
metode analisis data yang menggambarkan atau menjelaskan keadaan objek.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model flipped classroom dalam
pembelajaran analisis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1
Bae Kudus tahun ajaran 2022/2023 dapat disimpulkan bahwa dari 36 subjek
penelitian, hanya 27 subjek yang melampaui semua indikator model pembelajaran
flipped classroom. Sedangkan 9 subjek tidak melampui indikator ke-1 yakni subjek
tidak menonton video pembelajaran sebelum pembelajaran berlangsung. Sehingga
ada 75% subjek yang behasil dengan baik dalam mengikuti penerapan model
flipped classroom.
Kata Kunci:model pembelajaran,flipped classroom, analisis teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 03:12 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 03:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1450 |