KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS MATERI SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KEDUNGWUNI

Firmansyah, Maulana Fadjrul Falah (2023) KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS MATERI SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KEDUNGWUNI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Maulana Fadjrul Falah Firmansyah 18230145.pdf] Text
Maulana Fadjrul Falah Firmansyah 18230145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya metode pembelajaran yang
terprogram terhadap kemampuan belajar materi sepak bola kelas X SMK
Muhammadiyah Kedungwuni. Materi sepak bola peserta didik X SMK
Muhammadiyah Kedungwuni masih kurang sesuai dengan target yang telah
ditentukan karena nilainya rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui manakah yang paling efektif antara Teams Games Tournament Dan
Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk pre�experimental design dan jenis two-group pretest-posttest design. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas Teams Games Tournament Dan Student Teams
Achievement Division. Yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas X
TKRO 2 dan kelas X TBSM 1 yang berjumlah 52 siswa. Teknik sampling pada
penelitian ini yaitu random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian
kepada siswa.
Hasil Data model pembelajaran Teams Games Tournament Dan Student
Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola dinyatakan
berdistribusi normal jika nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Dari pengolahan
data pada kelas eksperimen terdapat 0,000, hal ini menunjukkan bahwa data
berdistribusi normal karena lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.000> 0.05. Sedangkan dari
pengolahan data kelas kontrol terdapat 0,002, hal ini menunjukkan bahwa data
berdistribusi normal karena lebih besar dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Sehingga data
hasil model pembelajaran Teams Games Tournament Dan Student Teams
Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola pada kelas
eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal.
Simpulan penelitian ini adalah bahwa model Student Teams Achievement
Division lebih yang signifikan. Saran dalam penelitian ini dapat meningkatkan
kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi sepak bola melalui
Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division.
Kata kunci : Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division, Sepak Bola, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:08
Last Modified: 19 Jan 2024 03:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item
View Item