PERAN GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS 8 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SEMARANG

RIFADA, MAULA (2023) PERAN GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS 8 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MAULA RIFADA 19210015.pdf] Text
MAULA RIFADA 19210015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter
peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan terdapat faktor pendukung dan
penghambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peran guru PPKn
dalam pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kelas
8 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Semarang. Tujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran guru PPKn dalam
pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kelas 8 di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan
deskriptif. Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Semarang.
Teknik dan instrument pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber data.
Teknik analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data,
kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini yaitu pembentukan karakter peserta didik sesuai nilai�nilai Pancasila dilakukan dengan cara guru PPKn memberi sikap, teladan baik agar
siswa mempunyai karakter baik, di kelas 8 karakter siswa sudah sesuai nilai
Pancasila, guru dan siswa memiliki faktor pendukung dan penghambat, guru PPKn
dalam pembentukan karakter sudah melaksanakan peran didalam kelas atau diluar
kelas dengan baik.
Simpulan penelitian ini pembentukan karakter sesuai nilai Pancasila
dilakukan dengan guru memberi teladan baik, terdapat faktor pendukung dan
penghambat, guru PPKn melaksanakan peran dalam pembentukan karakter peserta
didik sesuai nilai Pancasila dengan baik. Saran penelitian untuk guru, guru harus
melaksanakan pembentukan karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila
setiap hari dan memberi contoh teladan baik. Untuk siswa, siswa harus pintar dalam
memilih pertemanan. Ketika di lingkungan sekolah, tempat tinggal harus bisa
melaksanakan pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Karakter, Nilai-Nilai Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:04
Last Modified: 19 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1439

Actions (login required)

View Item
View Item