HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INBOUND PMM 2 (PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2) UNIVERSITAS SRIWIJAYA

AZIZAH, MASKUROTIN (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INBOUND PMM 2 (PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2) UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MASKUROTIN AZIZAH 19110053.pdf] Text
MASKUROTIN AZIZAH 19110053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berprestasi,
prokrastinasi akademik dan hubungan antara motivasi berprestasi dengan
prokrastinasi akademik pada mahasiswa inbound PMM 2 (Petukaran Mahasiswa
Merdeka 2) di Universitas Sriwijaya. Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi data dalam penenlitian ini berjumlah 197 mahasiswa, yang
terdiri atas seluruh mahasiswa dari berbagai program studi dan fakultas yang di
tempuh oleh mahasiswa inbound Universitas Sriwijaya Indralaya-Palembang
Sumatera Selatan selama satu semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 127 mahasiswa yang diambil dengan
teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dengan skala motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif statistik diperoleh hasil motivasi berprestasi
mahasiswa inbound PMM2 mayoritas masuk dalam kategori tinggi, yang artinya
mahasiswa memiliki kesadaran akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai
mahasiswa. Oleh sebab itu mahasiswa inbound PMM2 yang memiliki motivasi
berprestasi tinggi akan bertindak lebih aktif untuk mendapatkan hasil yang
mempertahankan kualitas dibanding kuantitas. Untuk mendapat kualitas mahasiswa
bekerja keras dengan menetapkan standar yang tinggi sehingga memperoleh
kepuasan saat melakukan suatu hal yang dianggap sulit.
Prokrastinasi akademik mahasiwa inbound PMM2 mayoritas dalam
kategori tinggi. Dapat dikatakan bahwa tidak sedikit mahasiswa yang melakukan
prokrastinasi. Mahasiswa yang melakukan prokrastinasi cenderung menjadikan
motivasi mengerjakan tugas akan muncul ketika mendekati deadline sebagai
alasan. Mahasiswa yang tidak bisa memanagemen waktu dengan baik akan mengalami kesenjangan antara kinerja dengan aktual sehingga membutuhkan
waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan tugas dari deadline yang telah
ditetapkan.
Hasil uji hipotesis dengan analisis korelasi pearson product moment
diperoleh nilai korelasi sebesar r hitung -0,729. Sedangkan nilai r tabel untuk
jumlah sampel 127 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh sebesar 0,159. Oleh
karena itu nilai r hitung -0,729 > r tabel 0,159 yang artinya terdapat hubungan yang
signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik mahasiswa
inbound PMM2 Universitas Sriwijaya. Hubungan tersebut menunjukkan ke arah
yang negatif, dikarenakan nilai r hitung yang diperoleh bertanda negatif. Hubungan
negatif tersebut memiliki arti apabila motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswa
inbound rendah maka prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh mahasiwa
inbound tinggi. Sebaliknya apabila motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswa
inbound tinggi maka perilaku prokrastinasi akademik yang diakukan oleh
mahasiwa inbound rendah.
Kata kunci: Mahasiswa Inbound, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:00
Last Modified: 19 Jan 2024 03:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item
View Item