SALSABILLA, MARISA (2023) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM-LIFE SKILLS UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS SISWA KELAS III SDN REJOSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MARISA SALSABILLA 19120081.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu belum pernah di
terapkannya media pembelajaran berbasis STEAM life skills. Selain itu kurangnya
kecakapan sosial pada siswa, seperti kecakapan bekerjasama dan berpartisipasi,
kecakapan berkomunikasi secara lisan. Siswa juga belum sepenuhnya mempunyai
kesadaran akan potensi diri dan dorongan untuk mengembangkannya saat
pembelajaran berlangsung, serta belum adanya kesadaran dari siswa untuk
terampil dalam hal kecakapan menciptakan atau membuat produk. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana keefektifan media pembelajaran
berbasis STEAM life skills untuk meningkatkan life skills siswa kelas III SDN
Rejosari 01 Semarang?”. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis STEAM life skills.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Rejosari 01 Semarang. Sampel
yang diambil adalah 55 siswa yaitu kelas eksperimen (3C) 28 siswa dan kelas
kontrol (3D) 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,
observasi, angket media, angket life skills, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari keefektifan media pembelajaran berbasis STEAM life
skills untuk meningkatkan life skills siswa SDN Rejosari 01 Semarang pada kelas
eksperimen sesudah diberi perlakuan dengan jumlah 28 siswa mendapatkan rata�rata 137.54 dan pada kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa mendapatkan rata-rata
82.93. Sedangkan berdasarkan uji paired sample t test diketahui sig. (2-tailed)
sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan pada kelas eksperimen
sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum
dan sesudah perlakuan terhadap life skills siswa. Sedangkan hasil sig. (2-tailed)
sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan pada kelas kontrol sebesar
0.314 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan sebelum dan
sesudah perlakuan terhadap life skills siswa. Sedangkan respon siswa terhadap
media pembelajaran berbasis STEAM life skills yang diperoleh dari hasil angket
memperoleh rata-rata persentase 81,36% hasil ini masuk dalam kategori sangat
mudah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis STEAM
life skills efektif untuk meningkatkan life skills siswa kelas III SDN Rejosari 01
Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah guru
dapat menerapkan media pembelajaran berbasis STEAM life skills yang dapat
berguna untuk meningkatkan life skills siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:55 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:55 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1431 |