Ito, Maria Ertiana (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPI JANJI JIWA ERLANGGA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Maria Ertiana Ito 19220017.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk
terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang; (2) Untuk
mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian kopi Janji Jiwa
Erlangga Semarang; (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap
loyalitas pembelian kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang; (4) Untuk mengetahui
pengaruh promosi terhadap loyalitas pembelian kopi Janji Jiwa Erlangga
Semarang; (5) Untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian terhadap
loyalitas pembelian kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kopi Janji Jiwa Erlangga
Semarang, sampel yang digunakan 96 responden dengan menggunakan rumus
Lemeshow. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling
Insidental. Analisis data digunakan dengan alat bantu software SPSS (Statictical
Product and Service Solution) versi 22.
Hasil penelitian : (1) Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap keputusan pembelian di Kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang;
(2) Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian di Kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang; (3) Variabel kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kopi Janji Jiwa
Erlangga Semarang; (4) Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan di Kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang; (5) Variabel
keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan di Kopi Janji Jiwa Erlangga Semarang. Dari analisis jalur diketahui
bahwa kualitas produk dan promosi lebih efektif secara langsung terhadap
loyalitas pelanggan, dibandingkan melalui variabel intervening atau keputusan
pembelian. Sedangkan variabel lainnya, keputusan pembelian tidak efektif sebagai
variabel intervening. Hasil nilai tabel Model Summary nilai total R Square
(koefisien determinasi) = 0,762 atau 76,2%. Ini berarti bahwa loyalitas pelanggan
dijelaskan oleh variabel kualitas produk, promosi dan keputusan pembelian
sebesar 76,2% . dan sisanya sebesar 23,8% dijelaskan variabel lain diluar model
penelitian misalnya kualitas pelayanan, dan lain-lain.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:51 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1428 |