ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

Indriyani, Rosa Septiana (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rosa Septiana Indriyani 19310133.pdf] Text
Rosa Septiana Indriyani 19310133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Self-efficacy yang dimiliki oleh siswa dapat dikatakan memengaruhi kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Semakin tinggi tingkatan self-efficacy yang
dimiliki siswa, maka akan semakin tinggi pula kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS dalam tingkatan self�efficacy yang dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian merupakan siswa kelas XI MA di Kabupaten Pati yang berjumlah 29
siswa. Teknik pengumpulan subjek menggunakan teknik purposive sampling.
Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan angket self-efficacy. Hasil
angket dari 29 siswa diambil sebanyak enam siswa dengan masing-masing dua
siswa memiliki tingkatan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan
data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi
turunan fungsi aljabar dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik
triangulasi metode. Data hasil penelitian tersebut dianalisis dengan melakukan (1)
reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan capaian tahapan teori APOS
dari masing-masing tingkatan self-efficacy. Siswa yang memiliki tingkatan self�efficacy tinggi cenderung mampu untuk mencapai semua tahapan teori APOS.
Siswa dengan tingkatan self-efficacy tinggi mampu memenuhi keseluruhan
indikator pemahaman konsep. Siswa dengan tingkatan self-efficacy sedang mampu
mencapai tahap objek dalam tahapan teori APOS. Sedangkan siswa dengan
tingkatan self-efficacy rendah hanya mampu mencapai tahap proses dalam tahapan
teori APOS.
Kata kunci : Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pemahaman
Konsep, Teori APOS, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:40
Last Modified: 19 Jan 2024 02:40
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item
View Item