STUDI ANALISIS GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 PODO KABUPATEN PEKALONGAN

MAZIDA, MALA (2023) STUDI ANALISIS GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 PODO KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MALA MAZIDA 19120187.pdf] Text
MALA MAZIDA 19120187.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih
mengalami sejumlah kebingungan dalam pembelajaran. Hal tersebut disebabkan
karena pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka yang masih baru.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesiapan guru dalam
pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka?, 2) Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Kurikulum Merdeka? Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kesiapan guru dan pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka di
SD Negeri 02 Podo Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas
I dan IV SD Negeri 02 Podo Kabupaten Pekalongan. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data
dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesiapan guru secara keseluruhan
guru sudah mengikuti pelatihan mengenai implementasi Kurikulum Merdeka.
Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka SD Negeri 02 Podo sudah sesuai
dengan yang direkomendasikan oleh Kurikulum Merdeka meski belum secara
maksimal. Dilihat dari analisis data yang telah dilakukan, tingkat keterlaksanaan
dalam standar pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka sudah terlaksana
dengan baik. Hasil analisis telaah modul ajar dan pengamatan pelaksanaan
pembelajaran yang dilakukan kepada empat guru menunjukkan bahwa keempat
guru sangat baik dalam telaah modul ajar dan pengamatan pelaksanaan
pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan rentang nilai yang berbeda-beda.
Kekurangan yang ditemukan dalam penyususnan Modul Ajar belum memuat soal
HOTS serta dalam pelaksanaan pembelajaran masih kurangnya literasi pada
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
hendaknya melakukan monitoring dan pelatihan yang berkelanjutan terhadap
pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Merdeka, meningkatkan gerakan lierasi di
sekolah agar kualitas penyelenggaraan pembelajaran di SD Negeri 02 Podo
Kabupaten Pekalongan dapat dipertahankan bahkan mampu ditingkatkan secara
terus menerus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:38
Last Modified: 19 Jan 2024 02:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item
View Item