SISTEM INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR MASUK PERGURUAN TINGGI KEDINASAN “SIPINTAR”

Purwaningtyas, Rizky Indah (2023) SISTEM INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR MASUK PERGURUAN TINGGI KEDINASAN “SIPINTAR”. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Rizky Indah Purwaningtya 18340028.pdf] Text
Rizky Indah Purwaningtya 18340028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari masih banyak siswa SMA yang kurang
memahami persiapan untuk pendaftaran perguruan tinggi kedinasan. Baik dalam
materi yang perlu dipelajari, berkas yang perlu dipersiapkan dan olahraga apa
yang perlu dilatih dengan mengikuti mengikuti web seminar (webinar).
Disamping itu karena bimbingan belajar masuk perguruan tinggi kedinasan hanya
menggunakan media WhatsApp jadi pada penyimpanan data masih belum
terstruktur dan permanen, sehingga siswa yang baru saja bergabung tidak dapat
mengakses data berupa dokumen informasi, file materi dan latihan soal. Tujuan
penelitian ini untuk mengembangkan sebuah aplikasi bimbingan belajar masuk
perguruan tinggi kedinasan berbasis android. Aplikasi SIPINTAR dirancang
dengan menggunakan software MIT APP Inventor dan Canva. MIT APP Inventor
merupakan teknologi yang dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi dengan
menggunakan blok kode yang hanya perlu disusun dan tidak menuliskan kode�kode program, hanya perlu drag and drop komponen yang diperlukan dalam
perancangan aplikasi SIPINTAR. Sedangkan Canva merupakan aplikasi desain
online yang memiliki beragam desain grafis, template nomor halaman dan
animasi yang menarik. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini
adalah Research and Development sedangkan model pengembangannya
menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Uji Coba Responden
Pengguna dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 MIPA 3 SMA Institut
Indonesia Kota Semarang. Pengolahan data diambil dari hasil validasi media dan
hasil angket yang dibagikan kepada pengguna dengan menggunakan Skala Likert
pada penilaiannya. Hasil validasi ahli media yang dilakukan oleh dua dosen
Pendidikan Teknologi Informasi Universitas PGRI Semarang, didapat persentase
sebesar 91,665% yang mana dapat dikatakan layak untuk digunakan, dengan
catatan harus direvisi pada menu webinar sebelum dilakukan uji coba kepada
responden. Kemudian pengujian dilakukan kepada 22 responden, didapat hasil
persentase sebesar 70,11% yang mana persentase berikut masuk kriteria “Puas”
atau layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Bimbingan belajar, Perguruan Tinggi Kedinasan,
Android, MIT APP Inventor, Canva

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 02:17
Last Modified: 19 Jan 2024 02:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item
View Item