Darwati, Darwati (2023) ANALISIS SELF EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Darwati 19310091.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan self efficacy siswa dalam
pemecahan masalah matematika ditinjau dari 3 gaya belajar yaitu gaya belajar
visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran
2022/2023. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 4 SMA N 1
Randublatung. Dengan menggunakan purposive sampling terpilih masing-masing
2 siswa dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Instrument yang
digunakan dalam penelitian yaitu peneliti, angket gaya belajar, tes pemecahan
masalah, angket self efficacy dan wawancara. Keabsahan data menggunakan
triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa dengan self efficacy dalam
pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar visual memenuhi 14 indikator yaitu
pada aspek dimensi magnitude, aspek dimensi strength dan aspek dimensi
generality (2) dari gaya belajar auditori memenuhi 16 dari aspek dimensi
magnitude, aspek dimensi strength dan aspek dimensi generality (3) dari gaya
belajar kinestetik memenuhi 19 indikator yaitu dimensi magnitude, aspek dimensi
strength dan aspek dimensi generality (4) faktor-faktor yang mempengaruhi
munculnya self efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika untuk setiap
gaya belajar yaitu perbedaan karakteristik gaya belajar serta kesesuaian gaya
mengajar dan gaya belajar.
Kata Kunci : Self Efficacy, Pemecahan Masalah dan Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1388 |