SEPTYANA, MAEDA DINDA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK B RA. BIRRUL WALIDAIN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MAEDA DINDA SEPTYANA 19156152.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah anak belum berani dalam
bercerita di depan teman– teman sekelasnya, kesulitan dalam merangkai kejadian dalam
setiap cerita, ketika di kelas anak kurang aktif terlibat dalam menyampaikan ide atau
gagasannya terhadap suatu cerita, kosa kata yang digunakan ketika bercerita sedikit dan
suara anak waktu bercerita pelan terbata-bata dalam menyampaikan ceritanya.
Dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak, peneliti menggunakan media
gambar berseri, dengan menggunakan media gambar seri diharapkan anak akan lebih
mudah memahami isi cerita, mudah merangkai sebuah kejadian dalam cerita dengan kosa
kata yang lebih banyak, melatih anak supaya berani bercerita di depan teman-temannya
dan membuat anak bisa terlibat aktif dalam menyampaikan ide atau gagasan dari sebuah
cerita. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul peningkatan
kemampuan bercerita melalui media gambar seri pada anak kelompok B RA Birrul
Walidain Semarang.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 1 minggu yang dimulai
dari tanggal 6 Maret sampai dengan 11 Maret 2023. Subjek penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari 2 siklus. Yang mana tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu :
1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan,
4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan.
Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan
teknik diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita pada anak dapat
ditingkatkan melalui media gambar berseri. Hal ini ditunjukkan oleh kemampuan
bercerita anak kelompok B sebelum tindakan, skor yang dicapai 120 (33,33%) dengan
kategori kurang. Kemampuan bercerita tindakan siklus I, skor yang dicapai 209 (57,99%)
dengan kategori cukup. Peningkatan dari sebelum tindakan ke tindakan siklus I mencapai
skor 89 (24,66%). Kemampuan bercerita pada tindakan siklus II, skor yang dicapai 306
(84,51%) dengan kategori baik. Peningkatan skor dari tindakan siklus I ke tindakan siklus
ke II mencapai 97 (26,52%).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kemampuan bercerita kelompok B di RA. Birrul Walidain Semarang dapat ditingkatkan
melalui media gambar berseri.
Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kemampuan bercerita, Gambar Berseri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1381 |