ANSORI, M. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PADA PASSING BAWAH BOLA VOLI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VI SDN 1 KARAS KECAMATAN SEDAN KABUPATEN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M. ANSORI 16230315.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu siswa sulit memahami materi
pada saat pembelajaran online sehingga menyebabkan hasil belajar passing bawah
bola voli berkurang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan
video animasi berpengaruh terhadap keterampilan passing bawah bola voli.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi
untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli untuk siswa Sdn 1
Karas, Sedan, Rembang.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan
jenis metode penelitian pre-exsperimental. Desain penelitian ini adalah one group
pretest-posttest. Sample yang digunakan yaitu siswa SDN 1 Karas Rembang.
Populasinya menggunakan seluruh siswa kelas 6 sejumlah 19 anak.
Berdasarkan uji normalitas memiliki signifikansi hitung sebesar 0,049 dan
0,009. Uji homogenitas sebesar 0,267. Output paired sample t test kelompok
pretest-posttest passing bawah bola voli diperoleh t = -8,958, sig. (2-tailed)
0,000<0,05.
Simpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan antara sebelum di adakan
treatment dan sesudah diberi perlakuan, nilai peningkatannya sebesar 250,1
dengan presentase sebesar 9,2 %. Saran, media visual untuk bisa digunakan pada
saat pembelajaran bola voli untuk meningkatkan keterampilan passing bawah.
Kata Kunci: Bola Voli, Passing Bawah, Video Animasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 02:00 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 02:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1372 |