Tyas, Riski Wahyuning (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN CANVA BERBASIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Riski Wahyuning Tyas 19316002.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan canva
berbasis kemampuan numerasi yang valid atau layak, praktis dan efektif untuk
bisa diterapkan pada pembelajaran siswa SMP. Metode yang digunakan adalah
pengembangan Research and Development (R&D), dengan model
pengembangaan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation,
and Evaluation. Analisis data dilakukan dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas,
Uji One Sample T-Test, Uji ketuntasan belajar, dan uji Independent T TEST.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1)Pengembangan bahan ajar berbantuan
canva valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran menurut ahli media
dan ahli materi. (2) Berdasarkan uji coba lapangan, rata-rata hasil belajar siswa
kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbantuan canva lebih baik
daripada rata-rata kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar buku paket. Hasil
belajar kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan yang ditargetkan yaitu
78,125% dan telah mencapai ketuntasan klasikal. Hal ini dapat dinyatakan bahwa
bahan ajar menggunakan canva berbasis kemampuan numerasi efektif digunakan
di SMP. (3)Hasil penilaian media bahan ajar berbantuan canva ditunjukkan
dengan angket penilaian siswa yang diisi oleh 32 siswa pada kelas eksperimen
dengan nilai presentase sebesar 90,46%. Presentase tersebut termasuk dalam
kriteria sangat baik, sehingga bahan ajar menggunakan canva berbasis
kemampuan numerasi praktis diterapkan pada pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Numerasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 01:45 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 01:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1352 |