RESEPSI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 1 KEJOBONG TERHADAP PESAN MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI

HANISWORO, LUTHFI FAIRUZ (2023) RESEPSI PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 1 KEJOBONG TERHADAP PESAN MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Luthfi Fairuz Hanisworo 19410094.pdf] Text
Luthfi Fairuz Hanisworo 19410094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dapat dikatakan bahwa karya sastra mempunyai nilai karena pembaca
berperan dalam menentukan makna dan nilai karya itu sendiri. Salah satu indikasi
bahwa sebuah cerpen dapat mencapai tujuan dan fungsinya sebagai karya sastra
adalah ketika pembaca tersugestikan, merasakan empati, serta mampu mengambil
pembelajaran dari karya sastra yang dibacanya. Kumpulan cerpen Senyum
Karyamin karya Ahmad Tohari merupakan salah satu karya sastra yang dapat
diterima.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kelas IX SMP Negeri
1 Kejobong terhadap pesan moral dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya
Ahmad Tohari? Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan resepsi peserta
didik kelas IX SMP Negeri 1 Kejobong terhadap pesan moral dalam kumpulan
cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Pertanyaan penelitian adalah
bagaimana resepsi peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Kejobong terhadap pesan
moral yang terdapat dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad
Tohari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana resepsi peserta
didik kelas IX SMP Negeri 1 Kejobong terhadap pesan moral dalam kumpulan
cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari.
Berdasarkan temuan penelitian ini, peserta didik hanya dapat memahami
pesan moral dari sumber luar, sehingga diperlukan bimbingan guru untuk
membantu siswa memahami pesan moral secara lebih utuh. Di sisi lain, peserta
didik dapat membaca karya sastra lain untuk meningkatkan apresiasi mereka
terhadapnya.
Kata Kunci: resepsi, peserta didik, cerpen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:38
Last Modified: 19 Jan 2024 01:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item
View Item