PURNAWAN, LUTFI FARIS (2023) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WANAYASA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LUTFI FARIS PURNAWAN 19110176.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Masih ditemukan rendahnya dukungan sosial orangtua untuk mengarahkan
siswa dalam merencanakan karirnya adalah dasar dalam penelitian ini. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara dukungan sosial orangtua
dengan perencanaan karir siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wanayasa.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif
dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah 62 siswa
dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik
pengumpula data menggunakan skala dukungan sosial orangtua dan skala
perencanaan karir.
Berdasarka uji korelasi person product moment, dapat diperoleh nilai
korelasir hitung 0,322 Sedangkan r tabel untuk jumlah sampel 62 dengan taraf
signifikan 5% didapatkan sebesar 0,254. Oleh karena itu nilai r hitung 0,322 > r
tabel (0,254) maka disimpulkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara
dukungan sosial orangtua dengan perencanaan karir siswa SMP kelas VIII Negeri
2 Wanayasa.
Hubungan tersebut menunjukan hubungan yang positif, karena nilai r
hitung yang didapat bertanda positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti
bahwa jika dukungan soaial orangtua semakin tinggi maka perencanaan karir
siswa juga semakin tinggi begitu juga sebaliknya sebaliknya jika dukungan sosial
orangtua semakin rendah maka perencanaan karir siswa juga semakin rendah.
Kata kunci: Dukungan Sosial Orangtua, Perencanaan Karir
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:12 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1335 |